Minggu, 24 Agustus 2014

Jamur Teh Kombucha

Dari dulu saya ngebet banget pengen budidaya jamur

Selain emang doyan juga karena tidak perlu tempat luas

Tapi setelah cari info kesana-sini, budidaya jamur di dataran rendah seperti kota Solo agak susah

Memang bisa tapi harus dengan perlakuan khusus untuk menjaga temperature dan kelembaban tetap stabil

Tak disangka nemu artikel tentang Jamur Teh Kombucha yang sepertinya mudah sekali dalam budidayanya

http://naturalwellnesskitchen.wordpress.com/2010/03/06/kombucha-tea-home-brew-how-to/

Setelah baca-baca lebih jauh ternyata Kombucha ini bukan jamur, tapi bakteri hidup yang memfermentasi teh

Oke deh...karena sudah kepalang tanggung akhirnya saya pesan teh dan biang kombucha sekalian untuk eksperimen

 teh fermentasi kombuchanya sendiri mirip rasa minuman siwalan
asem, segar, agak bersoda

minuman siwalan/lontar

 persiapan untuk memperbanyak kombucha
teh manis dan toples kaca disiapkan dulu


 saring teh dan tambah gula secukupnya

 tambah dengan teh fermentasi yang sudah jadi sedikit

 masukkan kombuchanya

 biang kombucha yang siap diperbanyak

kasih space udara dan tutup dengan rapat kain
kita tunggu sampai 7-14 hari

2 komentar:

  1. gan masih ngga bibitnya?

    cod mana?

    perbiji berapa?

    tolong reply ke nomor WA
    085867684019 ya gan..

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...