Senin, 12 Mei 2014

Taikam Sebagai Media Tanam

Taikam atau Tai Kambing adalah pupuk dari srintil yang telah dioven dan dihancurkan sampai lembut

Biasanya saya pakai sebagai campuran media tanam di pot

Entah setan apa yang merasuki saya kemarin, saya iseng mencoba taikam murni sebagai media semai Selada

Hasilnya.....GAGAL

Kurang tahu penyebabnya, mungkin taikam bersifat panas, atau PHnya gak cocok, entahlah

Yang pasti JANGAN pakai taikam sebagai media SEMAI

 lihat perbedaanya, yang satu tanah kebun yang satu taikam

 ini yang memakai tanah

ini yang memakai taikam
satu garis semai diatas memakai tanah

2 komentar:

  1. Coba kalo difermentasi dulu gan pake EM4 atau SOT (produk HCS) atau Biotama. Atau dijadikan bokasi dulu, ditambahkan sekam bakar. Kalo dicampur dengan tanah komposisinya bokasi:tanah = 1:3.

    Yang bikin ane tadi penasaran buka halaman ini karena ada istilah baru bagi ane, "Taikam", tibake srintil wedhus :ngakak healah gaan gan, enek-enek ae sampean iki. :D Tak kiro opo kuwi mau, barang impor ta opo. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ha3x Siap om Dadang! Makasih udah mau share ilmunya :)

      Hapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...