Senin, 18 Februari 2013

Aquaponic Kecil Saya

Ceritanya suatu ketika teman saya Dani Senja mengajak untuk kongsi budidaya lele, kebetulan dari dulu saya punya kolam kecil dari tanah di kebon belakang. Biasanya saya isi lele, kalau ada teman yang datang saya hibur dengan mancing lele, maklum tidak punya saranan hiburan lain...he3x

Dan ternyata kolam kecil itu lumayan sebagai persediaan pangan. Cuma modal pelet + nasi sisa, lele saya gemuk-gemuk. Teman-teman pun suka sekali kalau saya ajak mancing.


Jadi saya sih oke2 saja waktu diajak mendirikan kolam lele, lagipula saya nganggur dirumah dan teman saya bingung mau dikemanain lagi duit gajinya. Klop dah! hi3x

Langkah awal tentu merancang desain kolam, setelah proses pemikiran yg panjang akhirnya dipilihlah sistem budidaya AQUAPONIC.

Apa itu aquaponic?
Aquaponic itu berasal dari kata Aquaculture dan Hidroponik, jadi sistem budidaya ikan digabung dengan budidaya tanaman secara hidroponik.

Apa kelebihannya?
Kelebihannya kita tidak perlu pupuk untuk menumbuhkan tanaman, karena nutrisi sudah tercukupi dari air kolam. Kita juga lebih menghemat air, bayangkan berapa liter air yg terbuang jika menyiram tanaman di tanah? Dengan aquaponik, air untuk kebutuhan tanaman akan lebih hemat dan terkontrol karena tidak ada yg terbuang sia-sia.
Hasil sayuran yg dihasilkanpun Organik, karena tidak memakai pupuk kimia.

Trus kekurangannya?
Kekurangannya tentu di biaya konstruksi yang mahal, untuk konstruksi 4x6m seperti dibawah ini total jendral kami menghabiskan dana 3.6 Jt'an. Itu belum biaya untuk kolam, beli bibit, pakan, dll

Selama ini yg menjadi kendala budidaya lele adalah cost di pakan/pelet. Itu pula yg menyebabkan banyak petani menggunakan kotoran hewan atau bangkai hewan sebagai pakan tambahan. Tentu saja semua itu tidak disarankan karena selain dari sisi etika yang tidak layak, penggunaan pakan tambahan tersebut tidak terjamin kebersihan dan higienisnya dari penyakit.
Tapi dengan aquaponic kita bisa meningkatkan laba budidaya lele dari hasil sayuran organik segar.





Total pengerjaan membutuhkan waktu 1 minggu dengan satu tenaga kerja.

Bagaimana sistem Aquaponic kolam diatas akan saya bahas di post selanjutnya. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...