Senin, 27 Oktober 2014

Panen Lele Oktober 2014

Panen lele bulan ini tidak begitu membahagiakan

Pasokan lele Jawa Tengah-Jawa Timur melimpah, harga turun drastis

Lele di kolam saya hanya ditawar Rp 13.500 per kilo

Itu sudah bagus sekali karena hasil sharing dari teman-teman Jatim malah ada yang cuma Rp 11.000/kilo

Daripada cuma gigit jari maka Rencana B harus segera dilaksanakan

3 hari sebelum kolam diangkat pengepul maka saya jual dulu secara eceran

Tidak begitu buruk karena minat masyarakat terhadap daging lele belumlah menurun

Hanya dengan modal SMS teman dan tetangga, 70kg bisa laku dengan cepat

Harga sengaja saya banting supaya cepat laku, saya jual Rp 15.000/kilo sudah diantar sampai depan rumah

Sementara harga dipasar masih berkisar Rp 18.000/kilo

Dan ketika pengepul datang lele dikolam masih ada 60kg lebih

Total jenderal masih untung beberapa ratus ribu.....alhamdulilah

Begitulah kalau petani kecil mau bertahan, harus pintar cari celah dan putar otak

Jangan hanya pasrah dengan tengkulak


 pengepul kesayangan
harganya paling tinggi dari semua pengepul kenalan he3x

Rabu, 22 Oktober 2014

Edamame

Benih baru datang

Beberapa varietas sudah saya tambahkan, anda bisa melihatnya di Jual Benih Biji Sayur Eceran Rp 1.000 Murah

Ada Okra, Kubis Ungu, Ketan, Kapri, Edamame, dll

Tapi satu yang istimewa yaitu benih Edamame, saya harus antri dulu ke suplier langganan untuk mendapatkan benih ini



benihnya
Apa istimewanya?

Edamame adalah kedelai asal Jepang yang menjadi salah satu makanan yang kaya akan vitamin A, C, serat dan juga protein.

Bahkan edamame merupakan satu-satunya sayuran yang dapat memberikan anda asupan 9 asam amino esensial yang biasanya anda dapatkan dari daging ataupun telur. 

Biasanya dipanen waktu muda dan cukup direbus, untuk menikmatinya bisa ditaburi garam atau bumbu lainnya

Bagi anda yang mau menanam kedelai jepang ini silahkan mencoba :)

Jual Benih Biji Sayur Eceran Rp 1.000 Murah 
Kedelai asal Jepang atau yang disebut edamame menjadi salah satu makanan yang kaya akan vitamin A, C, serat dan juga protein. 
Bahkan edamame merupakan satu-satunya sayuran yang dapat memberikan anda asupan 9 asam amino esensial yang biasanya anda dapatkan dari daging ataupun telur. 
- See more at: http://info.matawanita.com/read/2014/06/24/211071/intip-manfaat-si-kedelai-asal-jepang-untuk-kesehatan-yuk#sthash.agO4ZIPl.dpuf
Kedelai asal Jepang atau yang disebut edamame menjadi salah satu makanan yang kaya akan vitamin A, C, serat dan juga protein. 
Bahkan edamame merupakan satu-satunya sayuran yang dapat memberikan anda asupan 9 asam amino esensial yang biasanya anda dapatkan dari daging ataupun telur. 
- See more at: http://info.matawanita.com/read/2014/06/24/211071/intip-manfaat-si-kedelai-asal-jepang-untuk-kesehatan-yuk#sthash.agO4ZIPl.dpuf
Kedelai asal Jepang atau yang disebut edamame menjadi salah satu makanan yang kaya akan vitamin A, C, serat dan juga protein. 
Bahkan edamame merupakan satu-satunya sayuran yang dapat memberikan anda asupan 9 asam amino esensial yang biasanya anda dapatkan dari daging ataupun telur. 
- See more at: http://info.matawanita.com/read/2014/06/24/211071/intip-manfaat-si-kedelai-asal-jepang-untuk-kesehatan-yuk#sthash.agO4ZIPl.dpuf

Budidaya Marmut (4) Pakan Gratis

Inilah sumber pakan utama marmut-marmut saya

Mudah dicari, mudah diangkut, dan GRATIS

Rumput Liar!!

Jadi kegiatan pagi hari saya sekarang pergi ke sawah bawa arit dan karung

Lalu mengarit rumput-rumput liar di pinggir sawah/lapangan

Hampir semua jenis rumput disukai marmut

Jangan takut salah ambil, marmut bisa mengenali mana rumput beracun mana bukan

Tinggal tumplek dikandang nanti dipilih sendiri sama marmut-marmut

 Pakan Gratiissss!!!

Selasa, 21 Oktober 2014

Budidaya Marmut (3) Pakan Gratis

Memenuhi kebutuhan pakan marmut itu paling gampang dan murah

Saya hanya menyiapkan rumput di pagi dan sore hari, air bersih untuk minum, kadang sedikit sisa nasi dari dapur

Beres

Marmut gemuk, bahagia, beranak, saya sembelih, saya kenyang....kwkwkwk

Tapi ada satu lagi sumber pakan gratisnya

Kulit jagung manis!

Yap...anda bisa cari kulit jagung di pasar atau kios pakan burung

Ndak usah mengeluarkan uang, dijamin GRATIS!!

Karena sisa kulit ini sudah dianggap sampah sama pedagang, mereka malah senang kalau dibantu membuang sisa kulit-kulit jagung ini

Saya sendiri tiap beli pakan lele atau ayam ke kios langganan pasti ditawari satu karung isi kulit jagung gratis

Satu karung bisa untuk 2-3hari, lumayan menghemat tenaga daripada ngarit di sawah :)

 toko pakan langganan saya

Senin, 20 Oktober 2014

Menyiram Tanaman di Panas Terik

Musim panas bulan Oktober ini benar-benar menyengat

Padahal menurut kalender harusnya bulan in masuk musim hujan

Kering, angin berdebu, tidak ada hujan sama sekali

Membuat tubuh gampang sakit

Begitu pula keadaan kebun saya

Semaian gagal, tanaman mati layu, lele banyak yang mati, ayam-ayam lemas

Sayur daun yang paling menderita, sawi, pakchoy, selada, semua kepanasan ketika terik menyerang

Beberapa berpendapat menyiram tanaman ketiak matahari sedang terik-teriknya akan berakibat buruk

Butiran air yang menempel di daun akan membentuk efek seperti kaca pembesar dan membuat sianr matahari membakar semua daun

Ada juga yang berpendapat kenapa petani jarang menyiram tanaman tiap siang, karena petani lebih suka pagi hari yang teduh untuk menyelesaikan pekerjaanya

Dengan kata lain Pak Tani tidak mau berpanas ria menyiram sayur-sayurnya

Tapi karena panas bulan ini panasnya kebangetan saya nekat aja menyiram sawi saya di siang hari, siram-gak siram juga mati pikir saya

Eh...ternyata hasilnya bagus, tanaman kembali segar setelah disiram tidak ada efek samping sama sekali

Sang Surya tanpa malu menumpahkan semua panasnya

Pasar Banjarsari Solo

Gunting rumput saya rusak

Padahal saya tiap pagi harus mencari rumput pakan untuk marmut

Mau-tak mau saya harus cari gantinya

Meluncurlah saya ke Pasar Banjasari untuk mencari alat potong

Sebetulnya saya tidak begitu tahu pasti nama pasar di daerah banjarsari ini

Tapi karena lokasinya di Banjarsari saya tulis aja Pasar Banjarsari he3x

Di sini banyak buka kios berbagai macam kebutuhan masyarakat

Anda bisa menemukan peralatan olahraga, bengkel senapan, jual-beli sepeda, peralatan tani, pakaian bekas, dsb

Pokoknya komplit gak kalah sama mall modern :p

 disini komplit alat pertanian apa aja ada

Selasa, 14 Oktober 2014

Budidaya Cacing

Kali ini saya mau membuat budidaya cacing kecil-kecilan

Kenapa saya memutuskan untuk budidaya cacing ada 2 variabel utamanya
  1. Saya butuh pakan murah berprotein tinggi untuk Pembesaran Ayam Kecil2an saya, daripada membeli pakan pabrikan tentu lebih murah jika bisa produksi pakan sendiri. Dan pilihan saya jatuh ke budidaya cacing
  2. Saya punya sisa rumput pakan marmut dan kotoran marmut yang melimpah, daripada langsung saya taruh di pot/growbed pikir saya lebih baik saya olah dulu menjadi kompos matang dengan bantuan cacing

Jadi jika saya sukses dalam budidaya cacing kali ini saya akan mendapat 3 keuntungan
  • Cacing sebagai sumber protein ayam saya
  • Kompos yang telah matang untuk tanaman sayur saya
  • Dan kascing atau air bekas pembuangan cacing sebagai pupuk cair kualitas tinggi
Browsing-browsing sebentar dapat model budidaya sederhana pakai ember



Tak usah pikir panjang, saatnya belanja !!

 cari ember ke Pasar Kabangan Solo

Senin, 13 Oktober 2014

Jamur Teh Kombucha (3)

Ini usaha budidaya Kombucha kedua saya setelah kemarin gagal

Jamur Teh Kombucha

Karena kegagalan kemarin saya juga tidak tahu salahnya dimana, maka kali ini pun langkah-langkahnya tidak saya ganti

Rebus air, masukkan teh+gula, dinginkan, masukkan bibit kombucha, tutup dengan kain, taruh ditempat teduh

Setelah 7-12 hari saya lihat lagi

Ehhh.....mulai terbentuk Kombucha baru!!

Tapi sayang beribu sayang, kok kombuchanya berbuih?

Warnanya juga totol-totol putih, ketika airnya saya icipin rasanya asem-asem pahit

Aduh gagal lagi deh..... :(

Tapi tak apa, kali ini saya bisa melangkah agak jauh dari kemarin


 percobaan kedua saya

Solo Book Fair 2014

Satu lagi acara buku murah di Solo yang menarik

Karena dikemas dengan berbagai acara-acara menarik didalamnya, ada bedah buku, temu dengan penulis, pengundian hadiah, dll

Bukunya pun bagu-bagus dan murah, diadakan 8-14 oktober 2014 di Gelanggang Pemuda Bung Karno

Cekidott...

sepertinya Pemkot sekalian memperkenalkan gedung barunya
Gelanggang Pemuda Bung Karno dekat Manahan

Kamis, 09 Oktober 2014

Budidaya Padi di Pot

Bagi anda yang sering browsing-browsing ide berkebun pasti sering melihat gambar ini




Menanam padi sendiri di atap rumah!!

Dari dulu saya cuma ngiler kalau liat foto-foto mereka yang berhasil menanam padi sendiri dirumah

Akhirnya saya nekat unutk mencoba menanam padi sendiri di ember bekas

Ember ini dulu tempat saya menanam kangkung 


Jadi saatnya ke toko pertanian terdekat dan membeli benih padi 

 benih padi varietas pepe

 bulir bagus

 empat ember bekas siap tanam

semoga tumbuh subur

Karena benih yang saya beli sisa banyak maka saya memutuskan untuk memasukkan ke list jualan Sayur Eceran

Bagi anda yang tertarik menanam padi sendiri di pot atau polybag silahkan klik Jual Benih Biji Sayur Eceran Rp 1.000 Murah

Panen Pisang

Akhirnya setelah 3 bulan saya menunggu

Pisang saya paneeennnnnn....

Panas-panas makan buah pisang segar

Mantabbb!!!

pisang termasuk buah yang lama masak
kurang lebih 2-3bulan saya menunggu sampai masak

Sabtu, 04 Oktober 2014

Pembesaran Ayam Kecil-kecilan

update pembesaran ayam pedaging di kebun saya tahun 2018 
DOC ayamnya beli disini Pembesaran Ayam Kecil-kecilan (2)

Ayam warna-warni, ayam partai, kita sering melihatnya dijual di pinggir jalan, di sekolah-sekolah, atau di pasar burung

Biasanya buat mainan anak-anak, warnanya yang cerah bikin gemas anak kecil untuk membawanya pulang

Sampai dirumahpun mentok bertahan beberapa hari, karena cuma dijadikan mainan tanpa perawatan yang memadai

Padahal ayam partai ini sejatinya ayam pedaging yang sudah disortir

Jadi ketika peternak ayam pedaging menetaskan bibit baru, mereka akan menyortir anakan ayam tersebut

Kriterianya apa saya kurang jelas, yang jelas anak ayam yang gagal memenuhi syarat akan dijual ke penampung dan dicat warna-warni untuk dijadikan mainan anak-anak

Tak salah kalau beberapa orang memelihara ayam partai ini untuk dibesarkan sendiri, diberi makan, dirawat, kalau besar tinggal disembelih

Yah...Usaha penggemukan ayam iseng-isenglah he3x

Maka dimulailah proyek baru saya dalam memproduksi kebutuhan daging (protein) sendiri

 ayam partai dipasar burung depok
10ribu dapat 3 ekor

Berbagi Benih

Setiap menyemai benih baru saya selalu menyemai agak banyak

Sebagai persiapan untuk menyulam tanaman yang rusak ketika dipindah ketanah

Tapi karena bulan ini tanaman yang saya pindah ketanah semua tumbuh dengan baik maka stok tanaman di tray saya melimpah

Daripada dibuang mending dibagi-bagi ke tetangga

Sekalian menyebar virus berkebun sambil ngobrol2 ringan plus mendapat kue dan teh manis disore hari  :)

 sisa tanaman yang tidak terpakai

Blooming Algae

Cuaca solo bulan bulan september benar-benar ekstrim

Panas sekali ketika siang hari, kadang angin kering berhembus kencang

Agaknya puncak musim panas di bulan september mencapai puncaknya

Bagi petani lele kecil seperti saya cuaca kayak gini harus ekstra waspada

Banyak kendala yang terjadi di kolam, lele mogok makan, penyakit, penguapan berlebihan, dll

Salah satunya yang saya temukan kemarin adalah blooming algae

Satu kolam tertutup warna hijau algae

Algae ini kalau tidak salah lumut atau plankton, saya sendiri kurang begitu memiliki pengetahuan yang cukup tentang masalah satu ini

Yang jelas dengan melimpahnya algae di kolam maka oksigen akan banyak terpakai untuk perkembangbiakan algae, akibatnya ikan budidaya akan kalah berebut oksigen dengan algae

Ikan lele akan lemas dan ogah-ogahan makan, efek selanjutnya kesehatan ikan menurun dan mudah terkena penyakit

Yang ujungnya ikan mudah mati

Pencegahan sementaranya dengan menyemprot permukaan kolam dengan air dari selang, algae hijau akan buyar dan menghilang

Tapi itu hanya bersifat sementara karena algae akan dengan mudah datang lagi

Pencegahan permanen bisa dipakai ikan pemakan algae atau ikan herbivora

Seperti Nila, Tawes, atau Oskar

Patikan ikan herbivora yang dimasukan sudah besar karena takutnya malah dimakan lele


 blooming algae parah di daerah Tiongkok

Mencegah Pot Diacak-acak Kucing


Kucing adalah sahabat terbaik bagi petani atau pekebun

Karena kucing menjaga kebun kita terbebas dari hama tikus


Maka itu saya selalu berusaha memelihara kucing dirumah

Karena kerap sekali tikus merusak sayur muda atau buah-buahan yang mau panen

Kendala yang sering dialami pemilik kucing yaitu kucing suka naik ke pot atau grow bed, sekedar bermain-main atau membuang kotoran dipot

Kalau tanaman diatas pot sudah besar tidak masalah tapi kalau masih kecil pasti rusak ketika diacak-cak si meong ini

Belajar dari itu sekarang semua tanaman baru di pot saya kasih pelindung sedehana terbuat dari potongan tempat minum mineral

Hasilnya lumayan, walaupun kucing tetap naik ke pot untuk buang hajat tapi tanaman saya tidak rusak

Pelindung ini juga berguna mencegah ayam atau tikus yang mau merusak tanaman kita

meooonggg

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...